Manfaat Upskilling dan Reskilling dalam meningkatkan kompetensi Guru SMK (Ni Wayan Arningsih)

Menghadapi perubahan teknologi yang semakin berkembang pesat otomatisasi dalam dunia industri, para guru SMK perlu mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan metode ajar untuk merespon kebutuhan pasar kerja di masa depan.

Untuk itu, upaya pembaruan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dan kependidikan perlu disiapkan, maka Pemerintah Indonesia secara khusus mengalokasikan investasi pada pelatihan baik bersifat up skilling maupun re skiling untuk tenaga pendidik dan kependidikan pada Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Guru SMK, terutama guru kejuruan, memiliki peran penting dan tanggung jawab dalam membentuk  siswa agar kompeten di bidang kejuruannya. Hal tersebut dikarenakan, setelah menuntaskan pendidikan di SMK, siswa diharapkan siap untuk bekerja. Perubahan teknologi dan penerapan kemajuan teknologi di dunia usaha dan industri menjadi sesuatu yang urgen untuk dilakukan dan dikuasai oleh guru SMK, sehingga model serta materi pembelajaran yang digunakan guru akan sesuai dengan kebutuhan industri, tren, dan prediksi masa depan.

Pada Tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata menyelenggarakan Pelatihan Upskilling dan Reskilling Berstandar Industri bagi Guru Kejuruan SMK Bidang Bisnis dan Pariwisata Tahun 2024.

Dengan diberikan kesempatan untuk mengikuti program Upskilling dan Reskilling Berstandar Industri yang di selenggarakan melalui 3 Tahap  dengan peserta dari guru-guru akuntansi dari seluruh Indonesia, pada Angkatan 2 dan dengan kelas E.

Pada tahap I Pembelajaran daring, penguatan industri priode 29 April sampai dengan 22 Mei 2024. Penguatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan Learning Management System, untuk materi dilakukan secara daring oleh fasilitator untuk pengerjaan tugas-tugas melalui LMS. Tugas-tugas yang dikerjakan secara berkelompok, jumlah perserta untuk kelas E 20 peserta kemudian dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok akan melakukan kolaborasi dalam pengerjaan tugas melalui Meet. Di samping tugas kelompok juga ada tugas secara individual.

Tahap II Magang Industri dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK)/Sertifikasi Industri, dengan pusat belajar di SMK Negeri 2 Denpasar. Untuk itu saya mendapatkan magang di KAP Arnaya&Darmayasa di Denpasar. Kegiatan magang dimulai dari 26 Mei sampai dengan 7 Juni 2024. Materi kegiatan magang industry Program Keahlian Akuntansi Administrasi Perpajakan antara lain :

  1. Menyiapkan Dokumen Transaksi Pemunggutan dan Pemotongan Pajak Penghasilan (PPh)
  2. Menyiapkan SPT Masa dan Tahunan Pajak Penghasilan pasal 21
  3. Menyiapkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi
  4. Menyipakan SPT Tahunan Wajib Pajak Badan
  5. Menyipakan SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  6. Uji Sertifikasi Industri/Uji Kompetensi Keahlian(UKK)

Selama kegiatan magang dibimbing oleh ibu Kadek Ria Erna Cahyani dalam Adminsitrasi perpajakan.

Tahap III Penyelarasan Dunia Usaha/Dunia Industri dimulai dari 19 Juni sampai dengan 21 Juni 2024 yang dilaksanakan secara daring.

Magang Industri bagi Guru SMK bertujuan memberikan pengalaman nyata pola bekerja di Industri untuk dapat membekali siswanya terserap di Industri atau dapat berwirausaha di bidangnya. Untuk mempersiapkan rancangan program pembelajaran bagi  peserta didik sesuai kebutuhan industri.